Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Sambut Ke-4, Prajurit Wing Udara 3 Baksos Bersihkan Situs Sejarah Perang Dunia II

Jumat, 29 Maret 2024 | Maret 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-29T13:19:22Z

TNI AL-Dispen Puspenerbal (29/3/2024) | Menyambut Hari Jadinya yang ke-4 tahun pada 8 April 2024 mendatang, Wing Udara 3 laksanakan Bakti Sosial membersihkan lingkungan situs Perang Dunia II yang terletak di Pantai Kampung Paray/Anggraidi Distrik Biak Kota. Kec. Biak Kota, Kab. Biak-Numfor, Kamis (29/3/2024).

Situs Perang Dunia II beruap Monumen yang dibangun dan diremikan pada 24 Maret 1994 ini, dibangun berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Jepang.

Selain kerja pembersihan Situs Perang Dunia II, Wing Udara 3 juga membagikan sembako kepada masyarakat sekitar situs.

Giat sosial ini diprakarsai oleh Komandan Wing Udara 3, Letkol Laut (P) Ahmad Novam H beserta Perwira staf yang secara langsung terjun dan memonitor para prajurit melaksanakan pembersihan, pemotongan rumput serta pemungutan sampah.

Kegiatan berlanjut dengan melaksanakan kegiatan yang sama di Situs Perang Dunia II Goa Binsari atau lebih dikenal dengan sebutan Goa Jepang yang terletak di Kampung Wisata, Binsari, Jl. Goa Jepang, Kec. Samofa, Kabupaten Biak Numfor.

Kegiatan di awali pertemuan dengan pengurus atau tertua yang bertanggung jawab terhadap keberadaan Situs bersejarah tersebut, sekaligus menggali informasi keberadaan peninggalan sejarah tersebut dan dilanjutkan dengan pelaksanaan kerja bakti pemotongan rumput serta pemungutan sampah di lingkungan sekitar situs.

Pembersihan tidak hanya diluar Goa, namun berlanjut hingga ke dalam goa peninggalan tentara Jepang yang di bombardir oleh Sekutu Amerika.

Tak hanya melakukan pembersihan, kegiatan juga dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada pengurus dan juga masyarakat di sekitar Situs Goa Binsari / Goa Jepang itu.

Dalam kesempatannya Komandan Wing Udara 3 menyampaikan bahwa kegiatan kerja bakti dan bhakti sosial di monumen perang dunia ke II ini, dalam rangka menyambut HUT Wing Udara 3 yang ke-4 tepatnya pada tanggal 8 April nanti.

Tujuannya lanjut Danwing Udara 3, selain untuk Melestarikan Situs Sejarah, mengenal lebih dalam peninggalan sejarah di wilayah kota Biak, juga untuk membantu terpelihara nya kebersihan lingkungan di monumen ini, sehingga kedepannya banyak wisatawan- wisatawan baik Lokal maupun asing yang berkunjung kesini," terangnya.

Di luar kegiatan di wilayah situs bersejarah tersebut, Komandan Wing Udara 3 beserta Perwira Staff juga berkunjungan ke tempat enam Prajurit Wing Udara 3 yang membawa keluarganya ke Biak.

Hal ini kata Dan Wing, bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus salah satu bentuk kepedulian pimpinan kepada anak buahnya. Dalam kese.patan itu, Danwing Udara 3 menyerahkan tali asih berupa paket sembako dalam rangka memperingati HUT ke 4 Tahun 2024 Wing Udara 3.

×