Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Pesud Wing Udara 2 Puspenerbal Dukung Photo Exercise KRI & Kapal AL Russia

Jumat, 27 Oktober 2023 | Oktober 27, 2023 WIB Last Updated 2023-10-28T00:52:05Z

TNI AL-Puspenerbal (27/10/2023) | Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) sebagai satuan TNl AL yang mengoperasikan pesawat udara, mendapatkan tugas untuk mendukung pengambilan gambar latihan (Photo Exercise) antara KRI dan Kapal Perang AL Russia, Jumat (27/10/2023).

Dua Kapal perang Indonesia yang melaksanakan latihan, yakni KRl Sultan Iskandar Muda dan KRI Layang bersama dengan Kapal Perang Russia RFH-56 Admiral Panteleyev dan  RFE-70 Admiral Tributs serta satu kapal tanker Pechenga RJP-32 Russia. 

Menurut Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Ma'arif, untuk pengambilan Photo Exercise tersebut, Wing Udara 2 Puspenerbal menurunkan Pesawat Beechcraft G-58 Baron T-2602, yang diawaki oleh Kapten Laut (P) Omega dan Lettu Laut (P) Hadi.

Pesud Beechcraft G-58 melaksanakan penerbangan dari Pangkalan TNI AL Juanda menuju ke area latihan di laut Jawa yang berjarak kurang leboh 50 nautical mile. Kelima kapal nampak membentuk formasi sebelum berpisah melanjutkan untuk berlayar.

Pesud Beechcraft G-58 Baron lanjut Ma'arif -sapaan akrab Danwing Udara 2 Juanda ini, adalah salah satu alutsista yang dioperasikan oleh Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal guna mendukung berbagai operasi TNI Angkatan Laut.

"Pesawat yang ditenagai 2 mesin, di sayap kanan dan kiri, pesawat ini juga umum digunakan untuk mendukung latihan transisi para penerbang TNI AL dari single engine ke multi engine sebelum ditempatkan ke Skuadron-skuadron operasional lainnya yang mengoperasikan pesawat multi engine yang lebih besar, seperti halnya, Skuadron Udara 600 dengan NC212 Aviocar dan Skuadron Udara 800 dengan CN235 MPA," terangnya.

Berkaitan dengan dukungan Photo Exercise lanjutnya, hal tersebut sering dilakukan guna menjalin kerjasama antar negara, seperti halnya latihan antara dua kapal perang Angkatan Laut Russia didukung satu kapal logistiknya singgah di dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.

Kedatangan delegasi Russia tersebut, sebelumnya diterima langsung Panglima Koarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan pada Selasa lalu.

×