Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami-1 setelah Gempa Magnitudo 7.3 Terjadi di Barat Laut KEP-MENTAWAI-SUMBAR

Senin, 24 April 2023 | April 24, 2023 WIB Last Updated 2023-04-24T20:30:59Z

SIBERSATU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini Tsunami-1 pada hari Senin, 25 April 2023 pukul 03.00:57 WIB. Peringatan ini dikeluarkan setelah terjadi gempa dengan kekuatan Magnitudo 7.3 dan kedalaman 84 km pada koordinat 0.93 LS, 98.39 BT (177 km Barat Laut KEP-MENTAWAI-SUMBAR). Wilayah yang mendapat peringatan dini Tsunami-1 adalah SUMUT.

BMKG menyarankan agar masyarakat mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan BMKG. Potensi tsunami perlu diteruskan pada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BMKG juga memperlihatkan peta prakiraan tinggi muka laut maksimum yang menunjukkan daerah-daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan. Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Awas" diharapkan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh. Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" dan "Waspada" diharapkan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi dan menjauhi pantai dan tepian sungai. Semoga masyarakat dan pihak berwenang dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari dampak yang lebih besar. (Red) 
×